info parenting


Anak usia di bawah 2 tahun memang biasanya mudah menangis. Tapi, sebenarnya mudah untuk membujuknya sampai berhenti menangis. Berbeda dengan anak usia di atas 3 tahun sampai TK, agak sulit mendiamkannya, apalagi saat tantrum. Oleh karena itu, beberapa info parenting berikut mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang bisa Anda pilih.

Cari Tahu Penyebabnya

Sebenarnya, setiap tangisan anak ada penyebabnya. Tugas Andalah untuk mencari tahu hal tersebut. Setelah mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah mencari solusi untuk mendiamkannya. Misalnya, anak akan langsung menangis saat merasa lapar, haus, kepanasan, atau bisa juga karena bosan.

Anak yang manja dan mudah menangis biasanya mengalami kesulitan untuk bergaul dengan teman-temannya. Ajari anak agar mau bergaul dengan teman-temannya dan tunjukkan bagaimana mereka bersosialisasi satu sama lain, seperti melakukan satu permainan bersama-sama di sekolah.

Bersikap Disiplin dan Konsisten

Anda pernah memberi hukuman yang dianggap tidak masuk akal seperti mengunci di dalam kamar selama seharian saat anak berbuat kesalahan? Jika iya, sebaiknya jangan pernah mengulanginya lagi. Hukuman seperti ini bisa menjadi trauma tersendiri bagi si kecil.

Mengajari anak disiplin dan konsisten bisa dimulai dari Anda. beri hukuman yang sekiranya masih dalam jangkauan kemampuan si kecil. Misalnya tidak memberikan uang jajan tambahan. Kemudian, dalam memberi hukuman ini Anda harus konsisten agar anak tidak menyepelekan hukuman ini dan berpura-pura menangis untuk mendapat belas kasihan Anda.

Membiarkan Anak Belajar Mandiri

Anak-anak sangat suka mencoba sesuatu yang baru dan berpetualang. Jangan halangi mereka untuk bermain di luar. Sebagai gantinya, Anda bisa mendampinginya bermain. Saat anak jatuh, terutama usia 4-5 tahun, segera peluk dan menyemangatinya sebagai anak yang kuat.

Info parenting tentang mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng bisa juga Anda dapatkan dari kerabat, tetangga, atau saudara yang pernah mengalami masalah serupa. Informasi yang diperoleh biasanya seragam, yaitu mencoba agar anak tidak terlalu bergantung pada Anda.

Beri Perhatian dan Apresiasi

Memberi perhatian tidak selamanya menjadikan anak bergantung dan makin manja. Karena sikap cengeng anak justru muncul karena membutuhkan perhatian dari Anda. Jadi, perlihatkan padanya bahwa Anda benar-benar menyayangi dan memberi perhatian lebih pada setiap apa yang dilakukannya.

Kemudian, setiap perilaku positif yang memang patut dihargai, maka berilah apresiasi untuknya. Tapi, jangan berlebihan agar setiap apa yang dilakukannya bukan ditujukan untuk memperoleh pujian dari Anda maupun orang-orang di sekitarnya.

Sebagai orang tua, baik baru punya satu atau dua anak, menghadapi anak yang manja, cengeng, dan mudah tantrum tetap membuat stres. Oleh karena itu, telusuri berbagai info parenting yang bisa Anda peroleh dari Orami Magazine. Bagaimana nutrisi yang tepat untuk anak, menjadi orang tua yang baik dan mendidik anak yang tepat, semuanya lengkap di sini.

0 Komentar