ShareLink - Temen-temen pernah ngalamin gitu gak? Sebagian dari kita yang punya masalah dengan kelebihan berat badan pasti pernah mengalami. Kenapa sih kok bisa gitu? Padahal udah mati-matian menjaga pola makan. Tau gak teman-teman kalo tubuh tuh punya yang namanya Basal Metabolic Rate (BMR), apa sih itu? BMR adalah kebutuhan minimal energi (kalori) untuk melakukan proses vital tubuh. Proses vital tubuh itu meliputi mempertahankan tonus otot, sistem peredaran darah, pernapasan, metabolisme sel, dan mempertahankan suhu tubuh. Dan faktor-faktor yang mempengaruhinya ada banyak antara lain umur, jenis kelamin, ukuran tubuh, dll. Kamu tau gak nih satuan BMR apa? Yap, satuan BMR adalah kkal (kilo kalori) untuk setiap kg berat badan per jam.





Lah, kalau udah tau BMR kita lanjut ke urusan diet nya. Apa sih hubungannya? Jadiii prinsipnya untuk mengurangi berat badan tuh harus mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh atau defisit kalori, sebenarnya sih yang lebih tepat jumlah kalori yang masuk dan keluar tubuh harus seimbang. Dah itu ya prinsipnya. Selanjutnya kita harus tahu dulu nih berapa jumlah kalori minimal yang kita butuhkan tiap hari. Ini ada cara menghitung BMR berdasarkan berat badan yang paling mudah.

Laki-laki
BMR = BB x 1,0 kkal x 24 jam
Perempuan
BMR = BB x 0,9 kkal x 2 jam 

Yap, kalau udah menghitung BMR nya, misal nih ketemu 1200 kkal maka setiap hari kita gak boleh mengkonsumsi makanan melebihi jumlah kalori tersebut. Gampang kan sebenarnya? Yang susah itu menahan godaan mie ayam, hehe. Ini benar loh teman-teman satu mangkok mie ayam itu kalori nya sekitar 400-500 kkal, belum lagi biasanya kalo makan mie ayam kita minum es teh, es teh itu kalorinya sekitar 80-100 kkal, belum lagi gorengannya, satu gorengan sekitar 35-40 kkal, terus masih tambah krupuk. Krupuk tuh walaupun kelihatannya angin doang tapi kalorinya astaghfirulloh, satu krupuk putih yang biasa kita makan tuh kalorinya 70-80 kkal. Kalo kita jumlah nih dalam sekali aktifitas makan mie ayam kita sudah memasukkan sekitar 585-720 kkal. Fantastis bukan? Padahal kita sehari Cuma perlu 1200 kkal. Padahal biasanya kita masih makan segala rupa dalam satu hari itu walaupun kita udah makan mie ayam dengan kalori segede itu.

Gimana teman-teman udah mulai ngerasa kalo setiap hari kita makan melebihi kalori harian yang kita butuhkan??. Yap, kalau udah sadar terus gimana kita tau kita makan gak melebihi jumlah kalori tersebut? Ya kita harus hitung dong tiap hari, jangan khawatir sekarang teknologi sudah berkembang begitu pesatnya, kita bisa download aplikasi-aplikasi penghitung kalori di playstore, ada banyak disana. Contoh salah satunya ada “lose it!”. Nanti di aplikasi itu kita bisa cek berapa kalori setiap makanan dan juga kita bisa memasukkan makanan apa aja yang sudah kita makan dan berapa kalo yang sudah kita makan dan berapa kalori lagi yang masih kita butuhkan. Tapi gimana kalau misal kita kelebihan kalori, jangan khawatir kita masih bisa membakarnya dengan exercise atau olehraga. Diaplikasi itu juga bisa dicek setiap olahraga itu sudah membuang atau membakar berapa kalori. For your information aja ya kita jalan cepat selama 15 menit yang bagi kita udah ngos-ngosan itu cuma membuang 31 kkal. Gimana? Rasanya makan segitu kalori enak banget gak kerasa tapi buangnya ngoyo banget. Yah biar gak ngoyo buangnya mari kita atur aja jumlah kalo yang masuk ke tubuh kita sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
Oke! Selamat diet, sampai jumpa di berat badan ideal.

0 Komentar